Thursday, April 1, 2010

April Mop?!....

            What is April Mop anyway? Selama ini kita kalau mendengar April Mop, yang terpikir langsung di otak kita adalah: ‘asik…saatnya ngerjain orang’. Hem.., kesannya aneh sekali memang sih. Apa memang benar ada hari khusus boleh ngibulin dan ngerjain orang? Sangking penasarannya, saya mencoba mencari tahu sejarah di balik April Mop.
Semua dimulai pada tanggal 1 April 1487 di Spanyol. Pada jaman tersebut, umat muslim Spanyol sedang dalam kondisi yang tertekan karena perlakuan yang tidak adil dari pihak penjajah yang baru saja menyerang Spanyol. Para umat muslim yang selamat dijanjikan tidak akan dilukai jika mereka setuju pergi dari Spanyol menggunakan kapal yang telah disediakan dan menyerahkan semua senjata mereka. Saat para umat muslim semua berkumpul pada tanggal 1 April 1487, ternyata mereka di tipu. Kapal yang mereka naiki semua dibakar dan terjadi pembantaian besar-besaran disana. Sejak itu lah April Mop tercipta dan dikenal sebagai hari penipuan.
            Wooaa…serius amat baca nya nih!!! Semua di atas itu Cuma hoax! Alias BOHONGAN! Hahaha..kena deh! Kalau kalian cari di internet, pasti akan ketemu artikel ini. Tapi setelah saya pelajari lebih lanjut, semua ini hanya hoax yang di sebarkan pihak yang ga bertanggung jawab. So, jangan dipercaya. Kesimpulannya, ga ada yang tahu asal mula terciptanya April Mop, meskipun masih ada banyak sumber yang berusaha menjelaskan asal mula April Mop. Jadi, untuk suatu hal yang kita tidak ketahui asal mulanya..ngapain kita ikut-ikutan melakukannya? Di bawah ini adalah beberapa kejadian April Mop yang sempat menjadi big news:
·         1915: Pada 1 April 1915, di tengah Perang Dunia I, seorang pilot pesawat tempur Perancis terbang di atas camp pasukan Jerman dan menjatuhkan sebuah benda yang terlihat seperti sebuah bom besar..
Para pasukan Jerman segera berhamburan ke segala arah, namun tidak ada ledakan yang terjadi.. Setelah beberapa saat, beberapa pasukan bergerak perlahan mendekati “bom” tersebut..
Ternyata,, benda tersebut merupakan sebuah bola sepak raksasa dengan sebuah kertas berisi pesan yang berisi tulisan “APRIL FOOL…!”
·        2008: BBC mengumumkan bahwa kru mereka di daerah antartika yang sedang syuting tentang “Miracles of Evolution”, telah berhasil mendokumentasikan sebuah fakta mengejutkan,, beberapa penguin Adelie terbang,,!Mereka bahkan juga menyajikan sebuah video klip tentang penguin terbang ini,, yang kemudian menjadi satu dari beberapa video dengan “viewed” terbanyak…
Di kemudian hari,, BBC menjelaskan tentang special efek yg mereka lakukan untuk membuat penguin terbang tersebut..
·        Menara Pisa: berita televisi orang Belanda pada tahun 1950 melaporkan bahwa Menara Pisa telah terjatuh. Banyak orang terkejut dan segera menghubungi stasiun
·        1980: Majalah “Soldier” mengungkapkan bahwa bulu pada kulit beruang, yang menjadi topi tentara irlandia, tumbuh dan perlu dicukur secara berkala.. Fenomena ini ditemukan oleh ilmuwan baru2 ini..
Kulit beruang tersebut masih menyimpan hormon beruang itu sendiri… Ilmuwan juga mengatakan akan meneliti lebih jauh tentang fenomena ini dan diharapkan dapat dikembangkan untuk keperluan medis,,khususnya kebotakan..
Kejadian April Mop yang bukan bohongan tapi dikira bohongan:
·        Pada 1 April 1946, tsunami gempa Pulau Aleutian membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan "Tsunami April Mop", karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.
·        Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.
·        Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.
·        Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix, terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.
Ebz
Sumber: Berbagai Sumber

1 comment: