Sunday, April 18, 2010

Assignment oh assignment.....

Saat masih kuliah, I hate it when the lecture mentioned 2 words, which are exams and assignments. Gosh, siapa sih yang suka dengan ujian dan assignment? No one. Kalau suka sekolah, mungkin masih ada. Tapi..suka ujian dan tugas???? Alangkah indahnya kalau sekolah ga ada yang namanya ujian dan assignment..setidaknya, itu yang ada di pikiran gue saat gue masih kuliah. Tapi somehow, the more I walk..the more I realize what is the purpose of having them both. Tanpa ujian, kita ga akan pernah mengetahui seberapa jauh kapasitas kita dalam menguasai pelajaran itu.

Let's take an example..pas dulu masih di college, I had a mid term exam for accounting. Jujur, gue ga berharap banyak dengan nilai yang akan gue dapet. Walaupun agak sedikit yakin kalau gue sudah mengerjakan exam gue dengan cukup baik. Tiba harinya untuk sang dosen membagikan hasil mid exam nya. Tiba tiba dia bilang kalau di kelas gue sekarang, ada satu orang yang dapet nilai tertinggi untuk mid exam ini. Mungkin untuk semester itu ada sekitar 150 orang yang ngambil itu, jadi orang yang dapet nilai tertinggi ada di kelas gue. So, mulai deh dipanggil satu persatu untuk maju ke depan ambil hasil test. Semua orang mulai bisik2 kira2 siapa orang yang dapet nilai tertinggi. Temen gue cuma bilang: 'pasti elo deh nu..'. I was thinking at that time 'no way....ga bakalan gue lah orangnya' even though deep down in my heart, I want to get the highest mark. Terus ada satu orang China yang dipanggil ke depan dan suddenly lecturer nya bilang...' congratulations..' semua orang langsung...'WAHHH...'. 'You are the second best for the mark..' lanjut lecturernya. Langsung semua orang kecewa..hahahaha. Dan right after that person, the lecturer called my name. Gue maju dan saat gue mau ambil, dia cuma liatin gue dan ga mau kasih kertas nya ke gue. I was like...what the? :p...Dan, dia bilang 'congratulation..you have the highest mark among all the students in this semester'. Wow!!! Wow Wow and WOW!!!! I really wasn't expecting to get the highest mark at all....gue selama ini pelajaran itu juga ga ngerti2 amat hahahaha...But, God was amazing and is.

From there, I learn apa artinya semua ujian dan tugas. Ada perasaan 'bangga' tersendiri yang kita dapatkan saat kita tau kalau kita berhasil melewati ujian dan menyelesaikan tugas yang diberikan kepada kita dengan hasil yang terbaik. Pernahkah kalian merasakan perasaan seperti itu? Perasaan dimana kalian rasanya wahhhhhh I finished the tasks well! Dan orang melihat kalian dengan rasa kagum...

My point in here bukannya agar kita mencari perhatian dari manusia. Let me explain. Pagi ini gue ke gereja, dan ps.Hani was talking about God's assignment in our life. He mentioned this: 'God's glory is shown when we finish the task that's been given by God in our life'. Salah satu cara menunjukkan bagaimana kuasa Tuhan nyata bagi orang2 di dunia ini, adalah dengan cara menyelesaikan visi dan tugas2 yang Tuhan berikan di dalam hidup kita. Dengan begitu, nama Tuhan dipermuliakan di atas muka bumi. Saat gue dapet nilai terbaik, bukan cuma gue aja yang berbangga hati, tapi juga sang lecturer. Dengan gue mendapat nilai terbaik, sang lecturer juga dinilai hebat karena berhasil membuat gue mendapat nilai tertinggi. Got what I meant? Begitupun juga dengan Tuhan kita. Sangat cukup memalukan kalau kita liat di dunia sekarang, 'kerajaan2' dikuasai oleh orang duniawi. Dari kerajaan business, art, media, music...dll...hampir semua dikuasai orang2 yang bukan anak Tuhan. Where are we??? Apa yang terjadi dengan janji Tuhan yang berkata bahwa masa depan kita cerah dan segala sesuatu dengan disempurnakan? Mana buktinya?  The problem is...most of Christians are LAZY.

Penyakit malas ada penghalang utama bagi anak2 Tuhan untuk meng accomplish God's assignments in our life. Obatnya? There is no actually a cure for laziness..hanya keinginan hati yang kuat untuk memaksakan daging ini untuk melakukan apa yang tidak disukainya. Another question...do you know your assignment?? Most of us don't...kalau pendeta tanya di gereja: 'siapa yang ingin menyelesaikan pekerjaan Tuhan dalam hidup kita angkat tangan kalian'. Percaya deh, 90% orang akan angkat tangan. Selanjut nya pendeta akan bertanya : 'siapa yang jelas tahu apa tugas yang diberikan Tuhan dalam hidup kita' only 10% will raise their hand. Shame. It's a shame for me...ga tau buat kalian. Tapi bagi gue, menjadi anak Tuhan yang tidak tau apa tujuan dan arah hidupnya, ga ada bedanya dengan orang yang ga kenal Tuhan. Bahkan yang ga kenal Tuhan justru tau mereka harus kemana.

So I just want to encourage agar kita ga maen2 lagi akan hidup kita, bener2 cari apa kehendak Tuhan dalam hidup kita. Sungguh, kalau kita berhasil menyelesaikannya..kita akan berbangga. Terlebih, Tuhan lebih bangga akan kita. Siapa yang ga mau Tuhan bangga akan diri kita? Coba angkat tangan.

Ebz

1 comment:

  1. Whoooaa... Baru aja mau blog the exact same thing!! Hahaha...

    ReplyDelete